Lucunya lihat anakku berjalan

Posted on November 25, 2008

0


Alhamdulillah, anakku Sheraz Muhammad Arfan, bulan ini genap berumur 1 tahun. Senangnya lihat perkembangan seorang anak, mulai dari lahir hingga bisa berjalan…Selalu saja tiap hari ada saja kemajuan yang membuat kita takjub dan harus banyak bersyukur.

Saat ini anakku sudah bsa berjalan, dan giginya berjumlah 6 buah… bikin kangen kalo ditinggal kerja diluar kota kaya sekarang, …kemarin saja saat ak berangkat kerja di luar kota…anakku melambaikan tangan dadagh…sambil menangis ga mau ditinggal… hehehehe bikin ngangenin.

Sejak usia 8 bulan anakku sudah mampu mengikuti gerakan sholat meski hanya takbir, sekarang di usia 12 bulan sudah bisa mengikuti gerakan sholat dan doa. Alhamdulillah…setiap kaliada adzan..atau mendengar kata Allahuakbar..langsung dia mengangkat tangan seperti mau sholat…dan setiap diperdengarkan al-quran selalu mengangkat tangannya seperti orang berdoa dan muut komat kamit…hehehehe lucunya.

Setiap anak mengalami perkembangan motorik yang berbeda-beda, namun normalnya sih seperti ini:

1. Mampu telentang dari posisi tengkurap pada usia sekitar 3,5 bulan.
2. Mampu tengkurap dari posisi awal telentang pada usia sekitar 4-4,5 bulan.
3. Merayap pada usia sekitar 6 bulan.
4. Duduk sendiri pada usia sekitar 7-8 bulan.
5. Mampu merangkak pada usia 8-9 bulan.
6. Berdiri dengan berpegangan dan berjalan merambat pada usia 9-10 bulan.
7. Mampu berjalan tanpa berpegangan pada usia 12 bulan.
8. Mampu berjalan mundur pada usia 14 bulan.

Sekali perkembangan setiap anak berbeda-beda tergantung motorik mana yang cepat mendapat rangsangan. Anakku Sheraz merupakan tipe bayi yang ga bisa diam, selalu mencoba – mencoba, yah..meski akhirnya tidur malamnya jadi rewel, namun perkembangannya sangat cepat, umur 12 bulan sudah mengenal banyak benda, cara membuka dan menutupnya kembali, meletakkan barang2 ke posisi semula, dan tempat2 untuk aktivitas tertentu seperti kamar mandi, mushola, dapur dll.

Alhamdulillah istri saya sangat sabar sekali mengasuhnya, bahkan semenjak usia sebelum bisa merayap sekitar 5 bulan sudah buang air besar di closet, bahkan kami jarang memasang pampers karena tahu rutinitas dan rengekan si kecil saat hendak pipis, sehingga kami cepat2 membawanya ketempat buang air kecil….hehehehe meski tengah malam bangun. Yah resiko….


Posted in: Aneka, Sehat