Ribetnya Mengurus Akta lahir yang salah

Posted on Agustus 5, 2009

0


27 April 2009 anakku yang kedua Feroz Muhammad Abiyan  lahir di RS Hermina Yasmin, Bogor.  Kebetulan di RS tersebut memberikan layanan tambahan mengurusi pembuatan akta lahir kalo ga salah 75 ribu deh…kalo di hermina pasteur 100 ribu tahun 2007 waktu anak pertamaku lahir disana.

dokumen yang diperlukan untuk pembuatan akta lahir adalah Foto Copy Surat Nikah, KTP, surat keterangan lahir (asli), juga dilampirkan kartu keluarga.

Nah karena pada surat nikah kami ada kesalahan eja huruf,maka saya lampirkan akta lahir saya.

Untuk pembuatan akta lahir anakku yg pertama di bandung tidak ada masalah, karena sejak awal bagian yang mengurusi masalah tersebut sudah memberi tanda dan mengetahui betul jika ada kesalahan seperti ini, Namun untuk yg di bogor… mungkin langsung serahin aja ke catatan sipil bogor, meski sebelumnya sudah diberitahu adanya kesalahan tersebut.

Akhirnya bener juga 3 minggu setelah anakku lahir, akta lahirnya sudah selesai diproses namun ada kesalahan nama ayah…weleh2x…terpaksa harus dikemablikan dan di revisi nih. Menurut mereka butuh waktu lama. Satu bulan ditanyakain kembali masih belum selesai, bulan agustus ditanyakan belum selesai, katanya mesti menandatangani surat pernyataan atau diperbaiki buku surat nikahnya.

Waduuh…..ya udah….sambil menunggu kepastian dari pihak catatan sipil bogor, saya mencoba ke KUA Cibinong,. Wah karena saya orang Bandung…saya kira KUA Cibinong itu adanya di Pemda..hihihi sampe disana jam 1 siang…eh ternyata ga ada orang, kata satpam disana dah pada pergi pak….weleh2x…coba ke KUA nya di Cibinong deket Ramayana kalo memang dulu melalui KUA Cibinong, kalo disini pusat pak…

Segeralah meluncur ke TKP…jadi KUA Cibinong itu dari terminal Cibinong, Ramayana terus…. satu jalur tuh….terus belok kiri, kemudian sampe ke kumpulan kantr2 belok kiri ada lapangan bola…nah sampe deh.

DI sana di cek menurut mereka kalo ada kesalahan buku KUA, musti bawa surat pengantar yang menyatan bahwa adanya kesalahan dalam buku nikah dari Kantor kelurahan setempat…waduuuh gw musti ke bandung tuh. Wah pak…….setelah ak bilang rumahnya di bandung…mereka mencoba mencek datanya ejaan nama di KTP sesuai ga dengan data mereka….ternyata setelah menunggu beberapa menit…untuk mencari dokumen, akhirnya mereka menemukan kesalahan ada dipihak mereka, KTP dan dokumen2 pendukung waktu hendak nikah benar, namun penulisan nama di buku nikah yang salah…mereka bilang..hehehe maaf pak salah ketik….(dalam hati gw..orang buku nikah ga diketik koq…tulis tangan emang pake komputer..?!?!?!@$@%)

mereka bilang baru besok jam 11 bisa selesai…alhamdulillah….., dalam perjalan pulang kebetulan pihak med record yasmin miss call, coba telp ternyata saya harus membuat pernyataan seperti yang dibilang tadi…dari catatan sipil. Dan dikenai biaya tambahan 25 ribu sebagai administrasi kali ya….gpp lah yang penting akte lahir anakku beres….alhamdulillah…akhirnya beres juga…..mudah2an tulisan ini berguna bagi yang membacanya.

Pastikan dokumen terlampir benar…dan segera perbaiki jika ada kesalahan sesegera mungkin.

Posted in: Uncategorized